Perkembangan dunia yang semakin pesat tentu harus diimbangi dengan bekal spiritual bagi setiap individu, bahkan sedari kecil. Bagi muslim salah satunya adalah mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak. Pengajaran mulai dari mengenal dan membaca Al-Qur’an.

Belajar Al-Qur’an bagi anak-anak tentunya memiliki tantangan sendiri apalagi saat anak dalam masa bermain. Tentunya orang tua harus memiliki cara khusus untuk mengajarkan Al-Qur’an kepada anak agar lebih menyenangkan. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan!

Gunakan Media dalam Belajar

Walaupun tujuan utama mengajarkan anak Alqur’an tapi hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan media-media yang disukai anak. Misalnya dengan mendengarkan podcast mengenai surat di Al-qur’an maupun video di youtube.

Pengguaan media tersebut selain membuat anak tertarik juga akan menjadikan proses belajar lebih menyenangkan. Anak tidak akan jenuh namun menikmati proses belajarnya.

Bercerita Kisah dalam Al-qur’an

Tak bisa dipungkiri bahwa anak-anak sangat menyukai cerita. Kamu bisa bercerita kisah para Nabi atau cerita lain yang bersumber dari Al-qur’an. Sebelum bercerita bisa belajar membaca Al-quran maupun membaca bersama anak.

Selain anak bisa belajar memahami ayat yang dibaca, anak juga dapat belajar membaca ayat tersebut. Cerita tersebut dapat ditemui di buku khusus cerita para nabi maupun video cerita pendek yang bersumber dari Al-qur’an.

Belajar Bersama Orangtua

Daripada meminta anak untuk belajar secara mandiri cobalah untuk belajar bersama dengan anak. Kamu dapat memberikan contoh bagaimana cara membaca Al’qur’an kemudian mengulanginya bersama sang anak.

Rajin berlatih dan konsisten tentunya akan membuat anak belajar lebih baik dan menyenangkan karena bersama orang tuanya. Tak lupa juga berikan pujian dan penghargaan kepada anak ketika membacanya sudah mulai lancar atau bersemangat saat belajar Al-qur’an.

Pengulangan Setiap Hari

Lakukan pengulangan surat pendek atau ayat al-qur’an lain setiap hari agar anak lancar membaca. Tidak perlu memaksa anak dengan membaca banyak surat namun yang penting adalah disiplin dalam membacanya.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat kamu gunakan untuk mengajarkan Al-qur’an kepada anak. Jangan lupa juga memberikan motivasi maupun penghargaan agar anak semakin bersemangat dalam belajar Al-qur’an.

Pesan guru ngaji disini yuk https://linktr.ee/Maungaji

Sumber: https://riwaqalazhar.com/blog/top-tactics-of-makeing-quran-for-kids-enjoyable/

Leave a Reply