Belajar membaca Al-Qur’an memang tidaklah mudah. Apalagi jika belajarnya saat sudah dewasa yang jarang memiliki waktu luang. Namun, hal tersebut tidak menjadi halangan untuk belajar membaca Al-Qur’an.

Bagi seorang muslim, membaca Al-Qur’an dengan benar merupakan sebuah kewajiban yang harus dilakukan. Nah, berikut ini 5 tips belajar membaca Al-Qur’an bagi pemula yang dapat kamu terapkan.

Mempelajari Huruf Hijaiyah

Hal pertama yang bisa dipelajari adalah mengenal dan menghafal huruf hijaiyah. Huruf hijaiyah terdiri dari 29 huruf yang menjadi dasar dalam membaca Al-Qur’an.

Ibaratnya huruf hijaiyah ini seperti huruf abjad yang dapat dirangkai menjadi kata kemudian kalimat. Proses belajarnya dapat dilakukan dengan membaca, menulis maupun menghafal huruf tersebut sampai bisa.

Mengenal Tanda Baca

Setelah mempelajari huruf hijaiyah kemudian mempelajari tanda baca (harakat). Tanda baca digunakan untuk mempermudah kita dalam membaca Al-Qur’an.

Tanda baca tersebut diantaranya seperti Fathah, Kasrah. Sukun dan Dhammah. Belajarnya dapat dilakukan dengan latihan membaca huruf dengan tanda bacanya.

Mempelajari Tajwid

Tajwid adalah ilmu yang mempelajari tentang cara pelafalan huruf hijaiyah sesuai dengan harakat atau tanda bacanya. Selain itu juga disesuaikan dengan kondisinya seperti dibaca jelas, mendengung, panjang atau samar.

Hal tersebut dapat diketahui dengan belajar hukum tajwid. Hukum tajwid secara garis besar terbagi menjadi 3 yaitu Hukum Bacaan Nun Mati, Hukum Bacaan Ra’ dan Hukum Bacaan Mad.

Latihan Konsisten

Latihan, latihan dan latihan. Latihan membaca Al-Qur’an dapat dilakukan secara konsisten dengan meluangkan waktu khusus untuk belajar. Kemudian buatlah jadwal khusus dan lakukan dengan disiplin.

Latihan membaca ini juga tidak harus sendirian. Kamu bisa membaca Al-Qur’an bersama teman sehingga temanmu bisa membantu menyimak bacaanmu.

Mencari Guru Ngaji

Tips selanjutnya yang dapat dilakukan adalah mencari guru mengaji yang cocok untuk kamu. Guru mengaji ini dapat dicari melalui aplikasi atau teman kamu yang pandai mengaji.

Selain membimbing kamu, guru mengaji juga akan membantu kamu dalam mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan benar. Mulai mempelajari tajwid hingga cara melafalkan huruf hijaiyah. Dengan demikian kamu akan mudah memahaminya.

Demikian tips yang dapat dilakukan untuk belajar membaca Al-Qur’an bagi pemula. Semoga bisa bermanfaat dan dapat diterapkan!

Biar makin mudah mempelajari al-qur’an, yuk download aplikasi maungaji di :

sumber : https://www.idntimes.com/life/inspiration/muhammad-tarmizi-murdianto/cara-belajar-membaca-al-quran/5

 

Leave a Reply