Kalau kamu ingin mempelajari cara membaca Al-qur’an maka kamu juga harus belajar mengenai ilmu tajwid. Bagi orang yang sudah memahami ilmu ini tentu tidak akan sulit namun jika belum memahami bisa mulai mempelajarinya agar dapat membaca Al-qur’an dengan baik dan benar.

Apa itu Tajwid?

Tajwid merupakan salah satu aturan linguistik dan pengucapan yang digunakan dalam membaca Al-qur’an. Tajwid juga diartikan sebagai ilmu dalam membaca al-qur’an sesuai yang dibacakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Tajwid sendiri berasal dari bahasa arab yang secara konteks linguistik berarti peningkatkan atau sesuatu yang luar biasa. Ketika kamu belajar al-qur’an dengan menerapkan tajwid maka kamu bisa belajar mengucakan huruf maupun kata dalam al-qur’an dengan tepat sesuai hukum bacaan.

Mengapa Tajwid itu Penting?

Tajwid berkaitan dengan cara pengucapan huruf maupun kata dalam membaca Al-qur’an sehingga perlu kita pelajari agar tidak salah dalam mengucapkannya. Ketika salah mengucapkan maka dapat menyebabkan kesalahan arti dalam satu ayat.

Dengan demikian mempelajari ilmu tajwid sangatlah penting agar bacaan Al-qur’an kita tepat sesuai artinya dan tidak menimbulkan kesalahan dalam interpretasi.

Bagaimana Cara Mempelajari Tajwid?

Belajar tajwid memang tidaklah mudah, apalagi jika kamu masih pemula. Namun dengan niat dan usaha kamu bisa mempelajarinya dengan berbagai cara. Misalnya, dengan cara membaca buku tentang tajwid, mengikuti kursus online maupun belajar dengan guru mengaji.

Pemilihan cara belajar tajwid tentunya bisa kamu sesuaikan dengan dirimu sendiri. Jika lebih menyukai membaca bisa melalui buku, sedangkan video bisa melalui kursus online. Namun, jika ingin lebih memperdam dan praktek langsung bisa melalui guru mengaji. Kamu bisa belajar mengaji sekaligus belajar ilmu tajwid.

Demikian informasi mengenai ilmu tajwid dan cara mempelajarinya. Kamu bisa mulai memahami hukum bacaan dan menerapkannya saat membaca Al-qur’an. Selain itu, kamu juga bisa belajar dengan guru ngaji atau temanmu. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply